Ini Kebijakan Baru Pemerintah Untuk Dorong Ekspor Nasional

0
Peluncuran Peraturan Pemerintah untuk permudah proses ekspor

KabarUang.com, Jakarta – Pemerintah mendorong ekspor nasional melalui berbagai kebijakan. Kebijakan-kebijakan pemerintah tersebut diantaranya terkait kemudahan eksportir dalam hal persyaratan dan prosedur ekspor yang dipermudah oleh pemerintah.

Salah satu kebijakan pemerintah yang baru saja dikeluarkan (11 Februari 2019) adalah terkait penyederhanaan proses ekspor mobil utuh (Completely Build Up/CBU). Kebijakan ini dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan melalui Ditjen Bea dan Cukai RI.

Baca Juga  Sebanyak 117 Fintech Menunggu Izin Operasi Dari OJK

Pemerintah melalui kebijakan baru ini memberi tiga kemudahan. Kemudahan pertama yaitu ekspor kendaraan bermotor (CBU) bisa dimasukkan ketempat pemuatan di kawasan pabean sebelum pengajuan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

Kemudahan kedua yaitu untuk proses pemasukan ke kawasan Pabean tidak diwajibkan dokumen Nota Pelayan Ekspor (NPE). Berikutnya, koreksi atau pembetulan jumlah dan jenis barang dapat dilakukan paling lambat tiga hari sejak tanggal keberangkatan kapal.

Baca Juga  IETO Komitmen Untuk Lindungi Pekerja Migran

Untuk proses identifikasi dan pengkategorian CBU akan lebih dipermudah dengan menggunakan mesin portabel barcode scanning terhadap Vehicles Identification Number (VIN) untuk setiap kendaraan bermotor yang akan di ekspor.

Peraturan ini diluncurkan oleh Menteri Keuangan bersama Menteri Koordinator Perekonomian dan Menteri Perindustrian. Peluncurun kebijakan ekspor ini bersamaan dengan pelaksanaan ekspor 650 unit CBU tujuan Kamboja di area PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk.

Baca Juga  Kondisi Sarana Prasarana Laut dan SPBU Pasca Tsunami Palu
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here