Indonesia dan Italia Kerja Sama Membangun Lingkungan Yang Nyaman

Advertisement

Indonesia dan Italia Kerja Sama Membangun Lingkungan Yang Nyaman

Jumat, 01 Februari 2019
Ilustrasi Kerjasama PT Pertamina dan ENI Italia via nusakini com

KabarUang.com, Jakarta - PT Pertamina dan ENI Italia sedang menjalin suatu kesepakatan kerja sama untuk pembangunan fasilitas pengolahan minyak lestari atau juga dapat dibilang green refinery di Indonesia, pada hari Rabu waktu Italia, tanggal 30 Januari tahun 2019. Presiden Direktur Pertamina, Nicke Widyawati dan CEO ENI, yaitu Claudio Descalzi yang langsung menandatangani Memorandum Saling Pengertian atau MSP mengenai kerja sama di bidang Circular Economy, produk low carbon, dan juga pengembangan energi terbarukan.

Selain hal itu juga dilakukan pula penandatanganan dua kesepakatan kerja sama lainnya yang dilakukan oleh para pimpinan dari kedua perusahaan yang terkait dengan pengembangan kilang minyak lestari, yaitu Head of Joint Venture Agreement untuk pengembangan Green Refinery di Indonesia, serta Term Sheet CPO Processing yang ada di Italia.

Kesepakatan ini juga merupakan lanjutan dari nota kesepahaman satu pemikiran dalam suatu kerja sama yang ditandatangani oleh Pertamina dengan ENI pada bulan September di tahun 2018, serta penandatangan kesepakatan lanjutan yang dilaksanakan pada bulan Desember 2018. Proses penandatanganan naskah kesepakatan disaksikan langsung oleh orang-orang yang memang berkompeten dan juga memang terkait  seperti, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, bertempat di kantor pusat ENI di Roma, Italia.
Tujuan kerja sama dengan ENI, yaitu Pertamina akan mengolah CPO atau minyak sawit maupun bahan lainnya menjadi minyak diesel yang dikenal ramah lingkungan, agar lingkungan sekitar juga jadi nyaman. ENI itu sendirir adalah suatu perusahaan energi terkemuka yang menguasai teknologi bio-refineries di Italia, dan juga sangat berpengalaman mengembangkan EcofiningTM dengan UOP.

Kedua belah pihak berharap untuk kedepannya dalam kerja sama apapun, akan selalu lancar dan sesuai dengan harapan demi kebaikan bersama dan dunia.