Imbauan Menhub : Jangan Gunakan Ponsel Saat Berkendara

0
Ilustrasi via Twitter com

KabarUang.com, Jakarta – Budi Karya Sumardi selaku Menteri Perhubungan terus mengimbau kepada para pengendara di jalan baik pengguna sepeda motor atau pengendara mobil untuk tidak menggunakan telepon seluler (handphone) pada saat berkendara.

Beliau juga menuturkan bahwa penggunaan Global Positioning System (GPS) di ponsel pada saat berkendara sudah diatur hukumny dan disahkan oleh Mahkamah Konstitusi melalui landasan hukum yang sah.

Pihaknya mengatakan secara langsung kepada para pengguna GPS, baik itu pengendara pribadi atau ojek online untuk menghentikan kendaraannya apabila ingin menggunakan handphon euntuk melihat GPS.

Baca Juga  Tagihan Denda “460M” dari KLHK, Freeport Akan Melakukan Klarifikasi

“Sebenernya memang secara mendasar penggunaan gadget saat berkendara itu tidak boleh, oleh para pengemudi online dan pengemudi yang lain. Keputusan MK merupakan suatu landasan hukum yang sah dan kami mendukung itu. Pesannya adalah tolong jangan menggunakan gadged pada saat berkendara, siapapun itu, karena berbahaya sekali. Kalau mau menggunakan gadget kendaraannya harus berhenti dulu,”tegasnya seperti yang dilansir dari suara.com.

Bahkan Kementrian Perhubungan sendiri sampai saat ini masih aktif melakukan sosialisasi terkait pentingnya menerapkan keselamatan saat berkendara. Keselamatan pada saat berkendara itu misalnya menggunakan helm, mengatur kecepatan saat berkendara, dan tidak menggunakan gadget saat berkendara.

Baca Juga  Setelah Rilis Aturan DNDF BI Klaim Mampu Membuat Rupiah Perkasa Kembali

“Itu suatu campaign yang secara sederhana selalu kita sampaikan pada masyarakat,”ujar Menhub.
Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 106 ayat 1 menyatakan bahwa setiap oprang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib menggunakan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi, dilansir dari suara.com.

Maksud dari peryataan tersebut lebih jelasnya ialah pengendara motor ataupun mobil yang sedang berkendara harus konsentrasi dengan kendaraannya masing-masing. Fokus dalam artian tidak menggunakan handphone serta memperhatikan perjalanannya. Selain itu, saat berkendara juga dibutukan konsentrasi yang tinggi. Hal ini sangat penting untuk dipatuhi para pengendara mobil ataupun motor guna menjaga keselamatan bersama. Itulah yang hendak disampaikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumardi terkait sosialisasi yang sering ia galakan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here