Iklim Investasi Membaik Dana Asing Masuk Indonesia Capai Rp 49,6 Triliun

0
Ilustrasi Gubernur BI Iklim Investasi Membaik via medcom id 

KabarUang.com, Jakarta – Tercatat selama periode Januari 2018 hingga 7 Februari 2019 (YTD), dana asing yang masuk (diinvestasikan) ke Idonesia mencapai angka Rp 49,6 triliun.

Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia mengungkapkan bahwa kepercayaan investor luar negeri terhadap Indonesia cukup bagus. Salah satu faktornya adalah semakin baiknya prospek ekonomi Indonesia di tahun 2019.

Hampir semua aset memperoleh dana asing. Dari total dana Rp 49,6 triliun, Rp 15 triliun masuk ke pasar modal, Rp 32 triliun masuk ke surat berharga negara, dan . Rp 2 triliun obligasi.

Baca Juga  Rp 1,3 Triliun Dana Nasabah Tabungan BCA Pindah ke ORI015

“Total inflow di portofolio Rp49,6 triliun. Terdiri dari inflow SBN Rp32,4 triliun, ke saham Rp15,1 triliun dan ke SBI Rp2 triliun. Dan ini menunjukkan bagaimana konfiden investor baik dalam maupun luar negeri, terhadap perkembangan pasar keuangan di dalam negeri itu cukup kuat,” ungkapnya, seperti dikutip dari idx channel, di Jakarta, Sabtu (9/2).

Menurut Perry, para investor confident dengan kebijakan-kebijakan pemerintah Indonesia dan Bank Indonesia (BI) disektor ekonomi. Mereka melihat perbaikan serta optimis terhadap perekonomian Indonesia yang terus tumbuh dan masuk ke portofolio.

Baca Juga  Bursa Kripto Asal Korea Selatan Sebar Token Senilai Rp1 M

Faktor lain yang juga mempengaruhi adalah pergerakan nilai tukar yang cenderung menguat. Ditengah sentimen global dan ketidakpastian seperti perang dangan AS-China, minggu pertama Januari 2019, pergerakan nilai tukar Rupiah cukup baik. Kenaikan FFR, secara year to date, dari sisi domestik mendorong inflow yang masih besar pada Januari.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here