iGrow Bersama Mitra Berdayakan 600 Petani Dengan 300 Hektar Ladang Lada di Bangka

Advertisement

iGrow Bersama Mitra Berdayakan 600 Petani Dengan 300 Hektar Ladang Lada di Bangka

Sabtu, 09 Februari 2019
Ilustrasi iGrow Bantu Bangkitkan Komoditas Lada di Bangka via instagram @andreassenjaya

KabarUang.com, Bangka - iGrow bersama mitra iGrow di Bangka membantu petani lokal untuk kembali meraih gelar salah satu penghasil lada putih terbaik dunia. iGrow membantu petani lokal untuk meningkatkan value produk hasil pertaniannya ke kelas premium dengan target ekspor ke Belanda.

"Dulu lada putih Muntok pernah jadi komoditas yang lebih bernilai dari emas. Kita bisa membeli rumah di Eropa dengan hanya sekarung lada pada jamannya. Itulah mengapa banyak bangsa-bangsa penjelajah Eropa mencari daerah-daerah penghasil rempah, khususnya lada tuk menguasai perdagangannya," ungkap Andreas Senjaya, Founder & CEO PT iGrow Resources Indonesia (iGrow), seperti dikutip dari akun instagram @andreassenjaya, Sabtu (09/02).

Saat ini kondisi pertanian lada di Bangka sudah menurun. Jumlah petani yang masih bertahan menggarap komoditas ini sekitar belasan ribu saja, sebelumnya mencapai 60 ribu petani lada di seluruh wilayah Bangka.

Masyarakat yang sebelumnya bertani lada banyak yang beralih menjadi penambang timah perorangan. Timah rakyat ini menjadi alternatif masyarakat memperoleh penghasilan yang cepat untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari mereka dibanding bertani lada.

Diharapkan dengan masuknya iGrow ke Bangka, maka petani lada yang dahulu berjaya kembali bersemangat untuk menghidupkan kembali ladang lada nya. Dengan platform iGrow, bukan hanya membantu petani, investor juga akan memperoleh usaha pertanian yang layak untuk dibiayai dan pembeli memperoleh produk kualitas terbaik.

"Ini hanya salah satu ikhtiar kecil untuk bisa ciptakan kolaborasi yang saling dukung untuk perkuat kembali salah satu komoditas terbaik Indonesia," ungkap Senjaya.

iGrow merupakan salah satu startup Indonesia dengan skala bisnis yang terus tumbuh. iGrow adalah platform yang membantu petani lokal memberdayakan lahan yang belum optimal, memfasilitasi para investor penanaman serta  menghasilkan produk pertanian organik berkualitas tinggi serta memberikan hasil pertanian tersebut ke pembeli baik dalam negeri maupun luar negeri.

iGrow yang berbasis di Depok, Jawa Barat ini terus tumbuh dan berkembang dengan memperluas kerjasama dengan petani diseluruh Indonesia. iGrow tidak semata produk dengan visi komersial saja, ada nilai-nilai yang dibawa oleh iGrow seperti misi besar untuk bisa melestarikan kehidupan bukan hanya di Indonesia tapi di bumi. Menciptakan ketahanan pangan yang dapat diakses secara adil dan merata bagi semua manusia di bumi.