Harga Pertamax Turun Jadi Rp 9.850, Berlaku Mulai Hari Ini

0
Ilustrasi Harga BBM Non Subsidi Turun Hari Ini via moladin com

KabarUang.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga BBM mulai hari ini, 10 Februari 2019 pukul 00:00 waktu setempat. Penyesuaian harga BBM ini dilakukan sesuai kondisi harga minyak mentah dunia yang menunjukkan tren menurun serta membaiknya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS.

Mas’ud Khamid, Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero) bahwa sebagai badan usaha harus mengikuti mekanisme yang sudah ditentukan oleh pemerintah terkait penentuan harga jual BBM ke masyarakat dengan mengacu kepada beberapa faktor, diantaranya tren minyak mentah dunia dan kondisi nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS.

Baca Juga  Hero Tutup 26 Toko Demi Keberlangsungan Usaha

“Komponen utama penentu harga bersifat fluktuatif, sehingga kami terus melakukan evaluasi terhadap harga jual BBM,” kata Mas’ud Khamid dikutip dari situs resmi PT Pertamina, Sabtu (9/2/2019)

Penetuan harga BBM juga mengacu pada peraturan pemerintah terkait standar yaitu minimal 5% dan maksimal 10% dari harga pokok untuk jenis bahan bakar minyak umum.

Untuk wilayah Jakarta, penyesuaian harga BBM non subsidi adalah sebagai berikut:

  1. Pertamax Turbo disesuaikan dari Rp 12.000 menjadi Rp 11.200 per liter
  2. Pertamax disesuaikan dari Rp 10.200 menjadi Rp 9.850 per liter
  3. Dexlite disesuaikan dari Rp 10.300 menjadi Rp 10.200 per liter
  4. Dex disesuaikan dari Rp 11.750 menjadi Rp 11.700 per liter
  5. Pertalite Rp 7.650 per liter (tetap)
Baca Juga  Rupiah berpeluang menguat? Ini kata Darmin

Untuk premium, Pertamina melakukan penyelarasan hargadi wilayah Jawa, Madura dan Bali sehingga sama dengan harga diluar wilayah tersebut yaitu Rp 6.450.

Harga BBM di beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami perbedaan sesuai dengan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di wilyah masing-masing. Anda dapat mengetahui besaran penyesuaian harga BBM wilayah anda di situs resmi Pertamina (pertamina.com).

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here