Gudang Baru Bulog Hadir di Lalobao Sulawesi Tengah

0

Ilustrasi via Twitter com
KabarUang.com, Jakarta – Lalobao Sulawesi Tengah kini sudah memiliki tempat serapan beras. Pasalnya Perum Bulog membangun gudang baru berkapasitas 2.000 ton beras di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tengah itu.
Bertambahnya gudang baru ini menambha kapasitas serapan Perum Bulog menjadi 32.500 ton yang ada di Divisi Sulawesi Tenggara. Bulog memiliki 15 unit gudang yang ersebar di Kendari, Kolaka, Bombana, Raha, Baubau, Unaha, serta Wanci. Hal ini dikatakan langsung oleh Direktur SDM dan Umum Perum Bulog Bagya Mulyanto.
“Bagi Perum Bulog kehadiran gudang Lalobao sangat penting untuk menjaga ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi pangan khususnya di Kabupaten Konawe dan sekitarnya,”ujar beliau dilansir dari antaranews.com pada Rabu (20/2).
Beliau juga mengatakan bahwa pembangunan gudang baru ini mempertimbangkan beberapa aspek, seperti aspek strategis dan ekonomis. Lokasi Lalobao ini adalah lokasi yang dekat dengan pelabuhan sehingga bis amenjangkau perdagangan antarpulau, selain itu juga dekat dengan lahan sawah petani, dan akses jalannya mudah dijangkau masyakarat setempat.
Pendirian gudang baru Bulog ini juga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi ptani dan para pelaku ekonomi di Kota tersebut.
“Ke depannya, diharapkan dengan adanya sinergi dan kerja sama yang baik, akan tercipta nilai tambah bagi semua pihak terutama bagi petani dan pelaku pasar sehingga mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat di Konawe Selatan,”ujarnya.
Luas gudang Lalobao mencapai 7.000 meter2 yang terdiri dari bangunan gudang berkapasitas 2.000 ton, laboratorium pemeriksaan kualitas, kantor gudang, rumah dinas, toilet, mushola, serta pos jaga.
Perum Bulog membangun gudang baru diatas tanah yang dihibahkan oleh pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan. Gedung itu menghabiskan biaya Rp 11 miliar.
Pada tahun 2018 lalu realisasi pengadaan Bulog Drive Sultra mencapai 17.000 ton gabah atau sebanyak 56 persen dari target sebanyak 30.000 ton. Sedangkan tahun 2019 Bulog Drive Sultra sebanyak 12.245 ton dan baru direalisasikan 106 ton. Stok beras di gudang Bulog ini cukup untuk 6,6 bulan kedepan dengan jumlah 9.200 ton. Beras Sejahtera (Rastra) yang dialokasikan untuk bantuan sosial sebanyak 1.385 ton per bulan.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Di Eropa Sawit RI Didiskriminasi, Ini Dia Fakta-Faktanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here