Fokus Pemerintah di 2019

0

Ilustrasi via Twitter com
KabarUang.com, Jakarta – Pada tahun 2018 lalu, pemerintah menargetkan fokus pada tiga sektor yaitu sektor infrastruktur, pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan hasil yang cukup baik. Tahun 2019 ini pemerintah juga masih semangat untuk menjaga ketiga sektor tersebut.
Nufransa Wira Sakti selaku Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu mengatakan bahwa hasil capaian yang didapat di 2018 tersebut membawa semangat untuk terus menjaga momentum di tahun ini melalui sinergi antar-kementrian Negara/Lembaga (KL) dengan cara meningkatkan kualitas belanja Pemerintah dan memperhatikan pengelolaan anggaran. Terlebih pada implementasi serta aspek perencanaan dan pelaksanaannya.
“Volume belnaja APBN tahun 2019 semakin yaitu mencapai Rp 2.461,1 triliun. Hal ini membutuhkan pengelolaan anggaran yang efektif, efisien, dan akuntabel,”ujarnya pada acara pers yang digelar pada Rabu (20/2) dilansir dari inilah.com.
Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) serta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) mengadakan rapat koordinasi nasional (Rakornas) demi membuat komitmen untuk mewujudkan belanja berkualitas tahun 2019 ini untuk Pelaksanaan Anggaran Tahun 2019 yang dilaksanakan di Gedung Dhanapala Kementrian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta.
Kabarnya Rakornas tahun 2019 ini mengangkat tema : “Sinergi membangun Negeri : Pembangunan Infrastruktur Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan Menuji SDM yang Kompetitif”.
“Tema ini sejalan dengan semangat Kemenkeu selaku pengelola fiksal dalam mengelola sumber daya keuangan negara untuk mendorong pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan melalui penguatan SDM Indonesia, agar mampu dan siap menghadapi tantangan global dan era revolusi industri 4.0,”tegasnya.
Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu juga mengatakan bahwa pembangunan fondasi SDM yang kompetitif dimulai dari menguatkan ketiga sektor penting seperti sektor infrastruktur, sektor kesehatan, serta sektor pendidikan.
Beliau juga menegaskan bahwa pemerintah harus mendukung dari sisi kebijakan fiskal. Pemerintah juga harus memberikan dukungan berupa alokasi belanja dengan tetap memperhatikan aspek implementasi dan tata kelolanya. Sehingga nantinya alokasi belanja ini bisa dieksekusi tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat jumlahnya.
Pada acara rapat ini pula seluruh K/L diharapkan dapat menyamakan langkah serta persepsinya demi menjalankan anggaran tahun 2019 dengan kinerja lebih baik serta terstruktur. Pemerintah juga harus fokus pada output pencapaian yang berkualitas yang mampu memberi dampak positif bagi pertumbuhan dan kesejahteraan ekonomi Indonesia.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Arcandra Pesan Medco Tingkatkan Eksplorasi Lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here