Ekonomi Indonesia Semakin Kuat Kata Menperin

0
Ilustrasi via Twitter com


KabarUang.com, Jakarta – Airlangga Hartanto selaku Menteri Perindustrian (Menperin) yakin perekonomian Indonesia semakin kuat dengan kehadiran empat unicorn.

“Kita bisa lihat bahwa langkah-langkah awa pelibatan teknologi dalam ekonomi Indonesia telah melahirkan empat unicorn, yaitu GoJek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak,”ujar Airlangga dilansir dari antaranews.com.

Baginya, Indonesia merupakan satu-satunya negara dengan unicorn terbanyak di ASEAN. Unicorn ini merupakan perusahaan rintisan (start up) dengan valuasi 1 miliar dolar AS. Unicorn ini mendorong pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang juga mengangkat perekonomian masyarakat. Dengan ini pula para pelaku ekonomi menjadi mudah mendapat akses pasar khususnya para pelaku keonomi mikro.

“Semenjak peluncuran Making Indonesia 4.0, revolusi industri 4.0 mejadi word of mouth di berbagai kalangan perguruan tinggi,”tambahnya.

Hingga saat ini, Indonesia menjadi pusat perhatian soal pembelajaran mengenai industri 4.0. Sehingga banyak negara yang ingin menjadikan Indoensia sebagai hub teknologi mereka. indonesi ajuga menjadi rujukan untuk industri serta mendapatkan banyak apresiasi dari perusahaan dunia karena inisiatif ini.

Indonesia juga dimintai untuk berbagi mengenai strategi Makin Indonesia 4.0 dalam acara forum dunia World Economic Forum. Kegiatan itu digunakan Menperin untuk mengajak para generasi mudanya serta para sivitas akademika untuk ikut andil dalam melaksanakan peta jalan Making Indonesia 4.0.

Contohnya dalam memilih lighthouses atau champions untuk masing-masing industri prioritas yang telah dipilih. Konsep ini sudah diklaim oleh secara resmi oleh World Economic Forum dalam dokumen Shaping the Future Annual Meeting 2019.

“Sebuah lighthouse atau champion akan menjadi role model sekaligus juga mitra dialog pemerintah dalam implementasi industri 4.0 di Indonesia,”ujarnya.

Hal itu didukung oleh upaya peningkatan kompetensi SDM. Untuk itu, Jokowi meminta agar dilakukannya berbagai program pendidikan serta pelatihan vokasi secara lebih aktif dalam berbagai hal.

“Peningkatan kompetensi SDM menjadi salah satu program prioritas karena dapat memacu produktivitas dan daya saing sektor industri nasional”,tegas Menperin yang dilansir antara news.com penyiapan menghadapi perkembangan industri 4.0 antaranya melalui penguatan pendidikan vokasi industri.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Dolar Semakin Menguat, Cek Berapa Nilai Tukarnya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here