Ditahun 2018 Wisatawan Asing Ada Sekitar 15 Juta

0
Ilustrasi Wisatawan Asing via lifestyle okezone com
KabarUang.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik atau BPS sudah mencatat bahwa ada jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada bulan Desember tahun 2018 ada sebanyak 1,41 juta orang. Jumlah inimelonjak  naik 21,43 persen denagn dibandingkan pada bulan November tahun 2018 dan juga naik sekitar  22,54 persen dibandingkan dengan bulan  Desember tahun 2017 lalu.
Jika diakumulasikan total jumlah pengunjung asing sepanjang tahun 2018, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 15,81 juta orang. Akan tetapi realisasi ini meleset dari target yang ditetapkan pemerintah lewat Kementerian Pariwisata yang targetnya adalah sebanyak 17 juta kunjungan.

Baca Juga  Rupiah Paling Perkasa Lawan Dolar AS Hampir Sentuh Rp. 15.000

Suhariyanto selaku Kepala BPS menjelaskan, bahwa pihaknya berharap untuk ke depannya jumlah wisatawan mancanegara bisa terus meningkat. Karena dengan adanya wisatawan asing juga bisa menambah penghasilan negara, akan tetapi pemerintah mengakui bahwa masih banyak yang perlu dilakukan pemerintah agar jumlah kunjungan turis asing bisa semakin meningkat dikemudian hari. 

“Banyak yang harus dilakukan, benahi infrastruktur di daerah, spot wisata, promosi, agar jumlah wisatawan mancanegara meningkat,” kata Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Jumat 1 Februari 2019 seperti dikutip dari viva co id
Ia juga mengatakan, kunjungan wisatawan mancanegara ini adalah salah satu sumber andalan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan karena selain ekonomi kreatif ada beberapa hal yang menyebabkan tidak tercapainya target pemerintah yaitu karena adanya bencana yang terjadi sepanjang tahun 2018.

Baca Juga  Tahun Ini Tahun Industri Pariwisata Yang Makin Jaya

“Kita perlu ingat di bulan tertentu kemarin bencana yang terjadi juga luar biasa. Tentu pengaruh besarnya, bencana,” ucap dia seperti dikutip dari viva co id

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here