Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan

Advertisement

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan

Senin, 11 Februari 2019
KabarUang.com, PELUANG USAHA - Sudah pernah melihat seperti apakah contoh analisis swot usaha makanan itu? Jika belum, maka Anda berada di tempat yang tepat. Karena kali ini akan kami jelaskan sebuah istilah dari analisa SWOT dan juga contohnya dengan lengkap. Dimana analisa SWOT sendiri merupakan sebuah upaya untuk melakukan kegiatan usaha dalam penetapan strategi bisnis yang tepat. Umumnya, analisa ini memakai panduan secara sistematis agar semuanya lebih terarah.

Pengertian Analisis Swot


Sebelum membahas tentang contoh analisis swot usaha makanan, maka pelajari dulu pengertian dari analisis SWOT itu sendiri. Dimana sebelumnya Anda harus tahu singkatan dari kata SWOT. Yaitu, Strenght Weaknesses Opportunities Threats. Jadi, pengertiannya adalah SWOT itu merupakan sebuah teknik untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terhadap usaha yang akan Anda jalankan untuk diri Anda sendiri.

Fungsi & Implementasi dalam Usaha


Unguk fungsi dan implementasinya di dalam dunia usaha makanan ini bisa terlihat dari, seorang usaha pasti akan memperkenalkan produk makanannya kepada konsumennya sesudah mereka melakukan proses analisa dulu dengan tim corporate plan. Karena umumnya sebagian besar dari perencanaan strategi itu terfokus pada sumber daya dan kapabilitasnya dulu agar misi dan visinya bisa terwujud. Pengenalan kekuatan yang Anda miliki bisa membuat konsumen semakin terpikat.

Sementara itu, penilaian terhadap kelemahan bisnis Anda juga baik untuk menciptakan solusi terbaru dalam rangka mensiasati dari kelemahan bisnis yang Anda jalankan. Jadi, bila dilihat dari manapun, sebenarnya contoh analisis swot usaha makanan yang sudah ada saat ini berfungsi untuk menganalisa terhadap kelebihan dan kelemahan usaha Anda lewat telaah dari kondisi internal usaha Anda. Sehingga analisa terhadap peluang beserta ancaman yang ada lewat kondisi eksternal.

Persaingan dalam Usaha Makanan


Mengingat saat ini perkembangan dari berbagai macam makanan industri secara tradisional dan modern makin berkembang, hal ini memicu tingkat persaingan di bidang usaha makanan semakin tinggi dan ketat. Karena adanya persaingan inilah, maka setiap pelaku usaha harus bisa memanfaatkan contoh analisis swot usaha makanan yang ada dengan baik, supaya bisa mempertahankan bisnisnya dan merebut target pasar dengan baik.

Maka dari itulah, setiap pelaku industri makanan harus punya strategi khusus demi mengembangkan usahanya. Mereka harus bisa melihatnya secara internal dan eksternal. Misalnya saja, dengan cara memberi produk yang menarik, unik, dengan promosi yang menarik. Selain itu, Anda juga harus bisa memastikan kemudahan dalam mendapatkan produk Anda dengan mudah agar produk Anda bisa menarik perhatian para pelanggan Anda.

Dalam hal ini, kreatifitas para pengusaha sangat penting sekali agar bisa bertahan dalam persaingan yang semakin meningkat dan ketat saat ini. Maka dari itulah, sekarang ini mulai tercipta berbagai macam makanan yang unik sebagai cara para pengusaha agar dapat menarik para konsumen. Jadi, selain memperhatikan contoh analisis swot usaha makanan yang tepat, mereka mulai bekerja lebih keras lagi supaya bisa memasarkan produknya dengan baik.

Berikut Contoh Analisis Swot Usaha Makanan



  1. Untuk contoh analisis swot usaha makanan yang pertama adalah strengths, yang berarti kekuatan. jadi, misalnya saja Anda ingin membuat SWOT untuk usaha makanan bakso, maka yang menjadi kekuatan disini adalah warna sekitar suka dengan makanan berkuah, dimana konsep tempat makannya juga menawarkan wifi gratis, dengan harga yang merakyat. Sehingga, cocok untuk anak muda, karena mudah diakses dan berkonsep lesehan juga.

  2. Sedangkan untuk weakness disini adalah, sayangnya usaha bakso cukup banyak pesaingnya. Selain itu, modalnya juga cukup besar. Brandnya juga belum ada. Maka dari itulah, jadikan pesaing sebagai motivasi bisnis Anda agar dapat bersaing dengan wajar. Ciptakan brand dan bentuk inovasi bakso yang unik agar dapat mengatasi kelemahan Anda dengan baik. Karena saat ini hanya inovasilah yang mampu mengalahkan semuanya.

  3. Selain hal itu, salah satu contoh analisis swot usaha makanan bakso ini adalah opportunities atau kesempatan. Dengan daya kreatif dan inovatif usaha yang tinggi, hal ini bisa membuat Anda menguasai pasar dengan mudah. Terlebih saat ini masih jarang ada tempat makan sederhana yang lengkap dengan wifi gratis dan tempat nongkrongnya anak muda yang umumnya mencari wifi. Bila perlu, berikan lapangan kerja untuk warga sekitar.

  4. Nah yang terakhir adalah dari segi ancaman. Yaitu, masalah wifi, terkadang koneksi wifi ini bisa mengalami gangguan dan masalah. Selain itu, harga bahan baku bakso ini juga kerap meningkat. Sehingga, hal ini mempengaruhi harga bakso yang menjadi makin mahal juga. Tak hanya itu saja, sayangnya saat ini banyak pesaing menerapkan konsep seperti ini. Sehingga dibutuhkan cara tersendiri untuk membuat bisnis Anda menjadi berbeda.

Untuk mengatasi semuanya itu, maka hal yang harus Anda lakukan sesudah menganalisisnya adalah dengan cara merawat koneksi wifi dengan baik. Yaitu, sediakan teknisi yang handal yang selalu siap dihubungi selama 24 jam.

Selain itu, usahakan agar harganya selalu bertahan tidak sampai mahal. Karena ini bisa mempengaruhi pengunjung yang datang di kemudian hari. Itulah sedikit contoh analisis swot usaha makanan bakso yang bisa dicoba!