Berikut Strategi PELINDO II Otomatisasi Pelabuhan di 2023

0
Ilustrasi Pelindo II Target Otomatisasi Pelabuhan 2023 via primaradio co.id

KabarUang.com, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia II/IPC (Persero) saat terus membenahi sumber daya manusia (SDM) untuk mempersiapkan pelaksanaan operasionalisasi pelabuhan secara otomatisasi. Target pelaksanaan operasional pelabuhan secara otomatisasi ini adalah di tahun 2023 mendatang.

Saat ini PT Pelindo II sedang tahap pengembangan sistem otomatisasi pada nenerapa terminal, diantaranya adalah Terminal Kontainer 2 dan Terminal Kontainer 3. Implementasi penuh akan dilakukan pada tahun 2023. Hal ini disampaikan oleh Elvyn G Masassya, Direktur Utama PT Pelindo II, seperti dikutip dari idxchannel, di Jakarta, Kamis (21/2).

Baca Juga  CIMB Niaga Targetkan Transaksi KPR Capai Rp 700 Miliar di Gelaran Xtra Xpo

“Sesuai perkembangan zaman pada 2023, kami akan melakukan full otomatisasi pengelolaannya, jadi sangat sedikit orang di sana karena semua sudah berbasis pada otomasi,” ungkap Elvyn.

“Sejak beberapa tahun lalu kami sudah mengirimkan SDM keluar negeri untuk sekolah tentang operasional yang bersifat otomatisasi, dan diharapkan pada 2023 sepenuhnya sudah dikelola oleh IPC,” lanjut Elvyn.

Sedikitnya jumlah karyawan di terminal tersebut tidak berarti dilakukan pengurangan karyawan. Elvyn menjelaskan bahwa sudah dipersiapkan konversi dimana karyawan yang sebelumnya bekerja atau terdampak sistem otomatisasi ini akan dialihkan / mutasi ke bidang yang berbeda.

Baca Juga  Anggaran Belanja Tahun 2019 Harus Prioritaskan Kemakmuran Rakyat

Sebagai informasi bahwa tercatat pada tahun 2018, PT Pelindo II mencatat laba bersih sebesar Rp 2,43 triliun. Jika dibandingkan dengan kinerja tahun sebelumnya (2017) terjadi kenaikan sebesar 9,95 persen, dimana tahun 2017 tercatat laba bersih persero sebesar Rp 2,21 triliun.

Direktur Utama PT Pelindo II ini, dalam acara sharing dengan media juga menyampaikan targetnya. Dimana di tahun 2020, dia menargetkan PT Pelindo II menjadi operator terminal pelabuhan kelas dunia.

Baca Juga  Optimalkan Layanan BBM di Tol Trans Jawa, Pertamina Tambah 18 SPBU
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here