Beberapa Fakta KEK Mandalika Akan Jadi Sport Tourism Dunia

0
Ilustrasi Sirkuit KEK via topskor id
KabarUang.com, Jakarta – Kurang lebih dua tahun dari sekarang, Indonesia akan memiliki ajang olahraga kelas dunia yakni MotoGP yang akan digelar di Kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ajang tersebut diharapkan dapat mendorong sektor pariwisata sehingga meningkatkan perekonomian wilayah tersebut. Lebih jauh, gelaran balapan motor bergengsi itu bisa mengangkat nama Indonesia di pentas olahraga internasional.
“Untuk pertama kalinya di Indonesia pada 2021, Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk kompetisi MotoGP. Ini membuat positioning NTB semakin kuat. Di targetkan kompetisi ini akan men datangkan 100.000 wisatawan mancanegara,” kata Menteri Pa riwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulisnya kemarin seperti dikutip dari okezone com

Berikut fakta-fakta terkait sirkuit MotoGP di KEK Mandalika yang dirangkum seperti dikutip dari okezone com:

Baca Juga  Disebut Temuan Terbesar Ke 4 Dunia, Gas di Sakakemang Sumsel Capai 2 Triliun Kaki Kubik

1. Kepastian Mandalika menjadi penyelenggara MotoGP

PT Pengembang an Pariwisata Indonesia (persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pada Selasa (19/2/2019) menyampaikan akan membangun sirkuit MotoGP di Mandalika. Badan usaha milik negara yang khusus mengembangkan destinasi wisata itu menyatakan telah menandatangani kontrak promosi ajang Moto GP pada 2021 yang akan berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, NTB. Kesepakatan tersebut juga didukung oleh pihak promotor bersama investor, Vinci Contruction.

2. RI Bisa Jadi Tuan Rumah MotoGP

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menga takan, pihaknya telah menan da tangani kontrak dengan Dorna sebagai penyelenggara MotoGP. Menurutnya, Dorna memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP mulai 2021 hingga tiga tahun berikutnya.

“Januari lalu kita tanda tangan kontrak dengan Dorna. Kita bersaing dengan Brasil, tetapi kita yang dapat di 2021. Kita siapkan venue, bangun sir kuit,” kata Man soer seperti dikutip dari okezone com

Baca Juga  Pertumbuhan PMA Belum Sesuai Harapan, Ini Janji Sri Mulyani Terkait Investasi di 2019

3. Selain Sirkuit, Mandalika Butuh Akses Penghubung

Namun, kata dia, untuk mewujudkan Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP, pemerintah harus giat membangun infrastruktur penghubung antara kawasan Mandalika dan sekitarnya.

“Pekerjaan rumah masih banyak. Yang paling kita perlukan saat ini adalah akses jalan antara penghubung ke ka was an Mandalika ini,” ungkap Abdulbar seperti dikutip dari okezone com

4. Nilai Investasi Sirkuit MotoGP Mandalika

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan, rencana Indonesia untuk membangun sirkuit MotoGP di Mandalika, yang diperkirakan menelan investasi Rp3,6 triliun itu, h rus disambut dengan optimisme. Pasalnya, pengembangan kawasan yang ada di Pulau Lombok bagian barat itu akan berdampak positif terhadap investasi dan perekonomian.

Baca Juga  Apa Saja Penyebab Tertundanya Kesuksesan?

“Ini akan menguntungkan Indonesia. Ini kabar yang baik untuk kita karena bakal meningkatkan investasi di Indonesia dan menambah nilai untuk ekonomi daerah,” ujar Luhut di Jakarta kemarin seperti dikutip dari okezone com

5. Rencana Pembangunan Sirkuit Mandalika

Pembangunan Sirkuit Mandalika akan dimulai pada Oktober 2019. Sirkuit tersebut di bangun menggunakan konsep sirkuit jalanan dengan panjang lintasan 4,32 km. Sirkuit tersebut didesain memiliki 18 tikungan yang telah disetujui pihak Komisi Keselamatan Federa tion Internationale de Motocyclisme, yakni federasi olah raga balap sepeda motor dunia. 
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here