Awal 209 Penjualan Benih Sawit Anjlok

0
Ilustrasi via Twitter com

KabarUang.com, Medan – Awal tahun 2019 penjualan benih sawit anjlok. Hal ini diakibatkan oleh turunnya harga jual tandan buah segar atau TBS pada 2018 lalu. Selain itu juga disebabkan oleh langkah “wait and see” perusahaan sawit di tahun politik.
“Di PPKS (Pusat Penelitian Kelapa Sawit) Medan misalnya pada Januari 2019 hanya bisa menjual benih sawit sebanyak 1.238.453 butir,”ujar Direktur PPKS Medan, pada Selasa (19/2) dilansir dari antaranews.com.
Penjualan benih kelapa sawit ini anjlok, karena pada tahun 2018 lalu pada periode yang sama, benih sawit terjual sebanyak 2.633.029 butir. Bahkan pada tahun 2017 lalu, penjualannya mencapai 2.020.220 butir.
“Masih syukur PPKS bisa jual benih di angkat 1 juta-an, perusahaan lain bahkan tidak sampai 1 juta,”terangnya.
Beliau mengatakan penurunan penjualan benih ini memiliki kaitan besar dengan harga kelapa sawit, selain itu juga harga benih sawit bisa dikatakan dinamis. Selain itu, harga TBS dan minyak sawit mentah atau crude palm oil/CPO pada tahun 2018 sangat rendah khusunya di semesnter II 2018.
“Ditambah lagi ada tahun politik yang membuat perusahaan melakukan “wait and see” dalam pengembangan bisnis. Otomastislah permintaan benih menurun,”tambah Hasril.
Beliau juga mengatakan, pihaknya berharap bahwa harga jual CPO akan semakin bagus, Pemilu berjalansesuai dengan harapan (aman), serta Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang dicanagkan pemerintah bisa berjalan lancar.
“Kalau ketiga faktor itu yakni harga CPO naik, Pemilu aman dan lancar, serta program PSR berlanjut diyakini penjualan benih sawit akan kembali membaik,”ujarnya.
Meski mengalami penurunan di awal tahun ini, Hasril menyakini bahwa benih sawit bisa dijual sebanyak 24,5 juta di 2019 ini. Rencananya ini naik sebanyak 23 juta butir, yang artinya 24.142.761 butir.
“Memang ada prediksi harga jual TBS belum kembali bagus. Tetapi PPKS Medan masih optimis bisa menjual seperti yang ditargetkan,”tambahnya.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Ekspor Sawit Numpuk Di Pelabuhan Sibolga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here