Akankah Harga Tiket Psawat Turun Pekan Ini?

0

Ilustrasi via IDNJurnal com
KabarUang.com, Jakarta – Harga tiket pesawat yang naik baru-baru ini sangat meresahkan masyarakat, hal ini juga yang menjadi pertimbangan pemerintah untuk segera mengatasinya. Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan bahwa tiket pesawat diusahakan turun pekan ini.
Budi Karya menyampaikan hal tersebut usai Menteri Perhubungan itu rapat bersama Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri di Istana Kepresidenan yang digelar pada Rabu (13/2/.
“Ya diusahakan minggu ini,”ujarnya dilansir pada bisnis.com.
Pihaknya mengatakan pemerintah akan berusaha mencari solusi dari masalah yang sedang dihadapi soal kenaikan harga tiket pesawat ini. Beliau juga mengatakan jika harga tiket pesawat naik antara 10%-12% baginya pemerintah tidak boleh mengintervensi kebijakan korporasi maskapai penerbangan.
“Kalau dibahas naiknya itu 10-20 persen, kalaupun naik ini menyangkut korporasi, kita gak boleh intervensi. Biar mereka yang kalkulasi,”tegasnya.
Menhub itu mengatakan bahwa pihaknya harus memikirnya kedua belah pihak yang bersangkutan, yaitu masyarakat dan pihak maskapai penerbangan.
Balance. Jadi kita pikirkan semuanya. Airlines dipikirkan, masyarakat juga,”ujar Budi Karya.
Kenaikan tiket pesawat ini disebabkan oleh kenaikan avtur. Pasalnya avtur ini berkontribusi cukup besar terhadap biaya opersional. Pihak Jokowi sendiri sudah memerintahkan para menteri untuk mengkalkulasi komponen avtur. Karena avtur memiliki andil cukup besar dalam kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi belakangan ini.
Rapat yang digelar di Istana Presiden itu dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.
“Tadi kita rapatkan. Saya sudah perintahkan untuk dihitung, mana yang belum efisien, mana yang bisa diefisienkan, nanti akan segera diambil keputusan,” ujar Jokowi yang ditemui usai rapat di Istana Negara itu.”
Jokowi mengatakan setelah para menteri melakukan perhitungan ini, para menteri akan melaporkan kepada Presiden. Laporan itu beserta dengan opsi-opsi yang akan diambil dalam rangka menurunkan harga tiket pesawat yang menjadi persoalannya. Nantinya keputusan akan diambil berdasarkan opsi terbaik yang ada. Namun, saat ini Presiden Jokowi belum melaporkan soal keputusannya, karena rapat di Istana Presiden itu baru saja selesai digelar.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga  Prabowo Kuat Retorika, Lemah di Data

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here