Pertumbuhan PMA Belum Sesuai Harapan, Ini Janji Sri Mulyani Terkait Investasi di 2019

Advertisement

Pertumbuhan PMA Belum Sesuai Harapan, Ini Janji Sri Mulyani Terkait Investasi di 2019

Jumat, 01 Februari 2019
Ilustrasi Menkeu Janji Jaga Momentum Perbaikan Investasi 2019 via primaradio co.id

KabarUang.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menanggapi pencapaian pertumbuhan penanaman modal asing (PMA) 2018 yang belum mencapai harapan. Sri Mulyani berjanji di tahun 2019 ini momentum perbaikan investasi akan terus dijaga.

Ketidakpastian global dan tekanan-tekanan yang menimpa negara didunia di tahun 2018 menjadi penyebab terhambatnya pertumbuhan investasi dari penanaman modal asing (PMA).

"Ketidakpastian yang terjadi sepanjang tahun lalu itu mempengaruhi sentimen di keseluruhan negara di dunia. Dampaknya terhadap (FDI) (investasi asing langsung) dan investasi jangka pendek," unkap Sri Mulyani seperti dikutip dari idx channel, jumat (01/02).

Tapi disisi lain menurut Sri mulyani, periode November - Desember 2018 kemarin, aliran dana dari luar negeri (capital inflow) terlihat kembali menggeliat. Hal ini menjadi sesuatu yang positif untuk memicu bankitnya investasi di dalam negeri.

Investasi di pasar obligasi dan konsumsi swasta pada 2018 kemarin serta tingkat pertumbuhan kredit dari perbankan yang mencapai 12,9 persen (yoy) makin meyakinkan Sri Mulyani akan terjaganya momentum perbaikan investasi di tahun 2019.

Bendahara Negara akan terus mengoptimalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai instrumen fiskal untuk menstimulus investasi.

"Pemerintah akan terus menggunakan instrumen-instrumen kebijakan di dalam rangka mendorong investasi secara sehat," Ungkap Sri Mulyani.