Tips Belanja Hemat di Tahun 2019

0

KabarUang.com, Jakarta – Banyak tips belanja hemat di tahun 2019 yang dapat anda temukan. Beberapa trik dan tips dapat anda lakukan dan mungkin tips lainnya cukup sulit atau mengganggu buat anda.

Goalnya tetap sama yaitu bagaiman cara atau trik untuk mamanage pengeluaran anda agar tetap balance hingga gajian berikutnya bahkan ada dana lebih yang dapat anda gunakan untuk invesati atau sekedar untuk ditabung.

Dalam tiga tahun terakhir ini begitu banyak perubahan dalam cara belanja (shopping), dari harus menunjungi pusat perbelanjaan hingga saat ini cukup dengan duduk manis dan memainkan jemari, barang impian anda akan tiba rumah anda.

Berikut beberapa tips bagi anda untuk berbelanja cerdas dan hemat di era digital ini.

1. Instal terlebih dahulu beberapa toko online sebagai perbandingan.

Ilustrasi Toko Online Indonesia

Perbandingan baik harga, pelayanan, pengiriman, metode pembayaran dsb. Beberapa toko online yang wajib anda instal aplikasinya menurut tim KarU adalah; Tokopedia, Bukalapak, Blibli (elektronik) & Shopee.

2. Untuk barang yang akan anda beli sebelum mencari di kolom pencarian barang toko online, silahkan cari dahulu di home page promotion toko online. 

Ilustrasi flash sale Tokopedia via kuponbaru com
Baca Juga  Tagihan Denda “460M” dari KLHK, Freeport Akan Melakukan Klarifikasi

Toko online saat ini sangat gencar membuat program harga murah, contohnya untuk program “Flash Deal” serta “Promo Hari Ini” di bukalapak, “Flash Sale” di Tokopedia, dan di toko online lainnya. Cari dahulu barang yang akan anda beli di program tersebut, karen potongan yang cukup tinggi dan menggiurkan. Tapi anda harus cepat karena program tersebut biasanya memiliki batas waktu serta jumlah stok yang terbatas.

3. Jika barang anda tidak ada di list program promo toko online anda, sebelum mencari melalui kolom pencarian barang. Silahkan cek promo voucher discount di home page. 

Ilustrasi Voucher Diskon Belanja di Bukalapak via detik com

Biasanya promo voucher diskon ada dibanner paling atas di halaman depan toko online, silahkan di copy kode vouchernya untuk digunakan saat melakukan peyment atau pembayaran. Saat memilih voucher diskon harap membaca detail syarat dan ketentuannya agar nantinya dapat anda gunakan.

Baca Juga  Paradigma Pasar Bau Berubah Jadi Bersih dan Nyaman Oleh Menteri Susi

4. Silahkan cari barang anda di kolom pencarian.

Untuk mendapatkan banyak alternatif harga di barang yang sama, jangan pilih kategori khusus, lebih banyak kategosi labih banyak pilihan harga untuk anda.

Contoh jika anda mencari “Chasing Handphone”, beberapa platform toko online akan memberikan rekomendasi kategori kepada anda. Untuk kata kunci “Chasing Handphone” anda akan disodorkan beberapa kategori seperti “Handphone & Smartphone”, “Aksesori Handphone” dll. Jangan memilih salah satu kategori, di lanjutkan saja ke proses selanjutnya agar semua kategori muncul dan pilihan barang akan banyak.

5. Gunakan fitur “Filter”.

Gunakan fitur filter untuk menentukan standard harga tertinggi yang masuk di budget anda untuk membeli barang tersebut. Anda juga dapat mengkostum kriteria yang anda inginkan untuk transaksi anda seperti lama pengiriman, biaya pengiriman, asuransi atau tidak. Pengiriman via ojek online dapat pilih jika ingin pengiriman yang cepat.

6. Pengiriman via Ojek Online (Grab/Gosend) Terima Sehari Hanya Rp 15.000

Ilustrasi Pengirim Same Day Murah dan Cepat

Beberapa toko online yang bekerjasama dengan perusahaan ojek online seperti Grab dan Gojek memiliki fitur “Sameday” service. Dimana barang akan di pick up dan diantar kerumah anda di hari yang sama. Ini bagi anda yang sudah tidak sabar menerima barang yang anda beli atau untuk barang urgent.

Baca Juga  Harga Minyak Kini Dinyatakan Merosot Lagi, Apa Penyebabnya ?

Terima dihari yang sama cukup menambah Rp 15.000 barang anda akan tiba dihari yang sama, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh toko online tempat anda belanja. Sebisa mungkin hindari Grab/Gosend Instant karena biayanya lebih mahal. Anda dapat memilih alternatif pengiriman YES JNE atau paket sejenis pengiriman lain yang dimana barang anda akan tiba esok hari.

Akhirnya tetap bijak dalam belanja agar masih ada kelebihan dana yang dapat anda sisihkan untuk ditabung atau diinvestasikan.

Sekian dulu TIPS Keuangan dari KarU, semoga bermanfaat dan selamat berbelanja cerdas..

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here