Rupiah Menguat Tapi Masih Harus Waspada Kebijakan Suku Bunga AS

0
Ilustrasi Rupiah Menguat via Youtube com
KabarUang.com, Jakarta – Saat ini Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang terus melonjak dan mencapai level  dikisaran Rp14 ribu, tidakk membuat pemerintah kehilangan fokus ataupun lengah, dengan adanya Rupiah yang menguat. Sejumlah sektor perekonomi globalpun masih menjadi perhatian pemerintah. 
Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan, mengungkapkan, bahwa pihaknya tetap bersikap sama seperti pada tahun 2018, tetap mewaspadai perubahan yang akan terjadi dalam kebijakan suku Bank Sentral AS dan perang dagang AS-China.

Baca Juga  Imlek Tahun Ini Adalah Tahun Babi Yang Dimana Artinya Adalah Investasi Tanah Paling Cocok

“Perubahan bisa terjadi, dari sisi arah kebijakan di AS, apakah Federal Reserve, apakah perdagangan, politik perdagangan AS terhadap RRT (Republik Rakyat Tiongkok), itu semua akan menjadi faktor dinamis yang harus kita lihat,” kata Ani, panggilan akrab Sri Mulyani di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 7 Januari 2019 seperti dikutip dari viva.co.id

Kemudian jika dibandingan pada akhir tahun 2018, APBN Indonesia dalam keadaan baik dan posisi yang sangat bagus, baik dari segi pertumbuhan maupun stabilitasnya. Dan inilah yang membuat Indonesia bisa dinilai berbeda dengan negara yang memiliki volatilitas yang tinggi. 
“Maka, ini menimbulkan posisi indonesia yang berbeda dengan negara-negara yang selama ini mengalami volatilitas dan vulnerabilitas lebih tinggi, sehingga kita bisa gain atau bisa mendapatkan manfaat dalam bentuk capital inflow,” katanya seperti dikutip dari viva.co.id
Dan kini Rupiah masih terus menguat mendekati angka Rp14.000. berdasarkan data dari kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, nilai tukar rupiah sudah berada di level Rp14.105 per dolar ASnya.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here