Mengenal IHSG, Indeks Harga Saham Gabungan adalah

0
Ilustrasi IHSG – BEI

KabarUang.com, Jakarta – Indeks harga saham gabungan adalah indeks atau cerminan dari keadaan pasar saham dengan cara menggunakan semua jenis emiten yang ada di bursa efek dalam hal ini adakah bursa efek Jakarta atau BEJ untuk dijadikan sebuah komponen untuk memprediksi atau menghitung pergerakan harga saham.

Indeks harga saham gabungan adalah sesuatu yang harus dimengerti oleh para investor pemula. Nah, mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia investasi dan para pemain saham akan selalu memperhatikan pergerakan indeks harga saham tersebut. Indeks harga ini adalah instrumen atau alat untuk menentukan posisi ketika kita akan melakkan investasi saham di pasar saham.

Apa itu Saham Gabungan?

Indeks harga saham gabungan adalah sesuatu indikator nilai sebuah saham yang dilihat secara keseluruhan. Selain index harga saham, para investor biasanya juga memperhatikan saham gabungan. Saham gabungan adalah adalah nilai dari sebuah saham keseluruhan dari sebuah portofolio saham. Biasanya, semakin banyak jumlah saham dalam sebuah portofolio maka nilai sahamnya akan semakin baik. Hal ini biasanya merupakan sesuatu yang harus diperhatikan oleh para investor. Investor akan mencari portofolio yang memiliki jenis dan jumlah saham yang besar.

Baca Juga  IHSG Diperkirakan Oleh Mixed Berada Di Angka 6.380 Sampai 6.470

Indeks Harga Saham Gabungan

Jika indeks harga ini merupakan indeks dari salah satu jenis saham dipasarkan di pasar saham tertentu maka Indeks harga saham gabungan merupakan sesuatu yang berbeda. Indeks harga saham gabungan adalah merupakan indeks harga saham yang terdiri dari semua jenis saham yang ada dalam suatu pasar saham. Indeks harga saham gabungan ini biasanya dihitung dengan rumus khusus sehingga bisa digunakan untuk memprediksi pergerakan sebuah saham dalam pasar saham.

Fungsi Index Harga Saham Gabungan bagi Investor

Indeks harga saham gabungan adalah indeks atau cerminan harga saham yang harus diperhatikan oleh para investor saham. Perlu diketahui bahwa, indeks harga saham dan juga indeks harga saham gabungan biasanya bergerak secara dinamis.

Baca Juga  Dalam Festival 11.11, Alibaba Raup Keuntungan Hingga Rp. 450,7 triliun

Dalam hal ini, investor saham akan mencermati setiap pergerakan indek saham yang ada. Indeks Harga Saham Gabungan atau sering juga disingkat dengan IHSG mempunyai dua fungsi penting bagi seorang investor. Fungsi tersebut adalah sebagai:

  • Merupakan representasi dari sebuah harga saham dalam pasar saham
  • Karena indeks harga saham merupakan representasi dari pergerakan seluruh harga saham maka dengan melihat indeks harga saham gabungan investor bisa mengetahui mutu dan kualitas saham serta bisa memprediksi pergerakan sahan ke depan.
  • Dijadikan acuan untuk sebuah portofolio

Dengan memperhatikan indeks harga saham, kita bisa tahu dan bisa menilai sebuah portofolio saham memiliki kierja yang baik atau buruk. Bila sebuah saham memiliki indeks harga saham yang bergerak naik, maka saham tersebut adalah saham yang baik untuk dibeli.

Baca Juga  Alasan Jokowi Menunda Kenaikan Harga Premium

Indeks harga saham gabungan adalah cerminan atau indeks harga dari sebuah saham dengan mengetahui indeks harga saham maka investor bisa memperkirakan pergerakan harga saham. Memang benar bahwa, untuk memprediksi pergerakan harga sahan sangat rumit dan tidak mudah.

Ada banyak faktor yang bisa berpengaruh terhadap pergerakan harga sebuah saham dan indeks harga saham hanya merupakan salah satu faktor yang bisa digunakan oleh para investor untuk memprediksi pergerakan harga sebuah saham.

Setelah memahami lebih dalam mengenai indeks harga saham gabungan adalah hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum menjalankan bisnis sebagai investor.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here