Gubernur Bank Indonesia: Ini Empat Penyebab Rupiah Menguat

0
Ilustrasi Perry Warjiyo Ungkap Penyebab Rupiah Menguat via detikepri com

KabarUang.com, Jakarta – c
Perry Warjiyo merespon menguatnya rupiah terhadap dollar mengungkapkan empat faktor yang memicu penguatan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS).

Faktor pertama adalah trend aliran modal asing yang masuk ke dalam negeri mulai membaik. Selain Penanaman Modal Asing (PMA), obligasi saham juga menunjukkan peningkatan.

“Alhamdulillah Rupiah terus bergerak stabil dan cenderung menguat.” Ungkap Perry Warjiyo, seperti dikutip dari idx channel, Jakarta, Selasa (29/1).

Baca Juga  Rupiah Dinyatakan Bertahan di Level Angka Rp14.230/USD

Faktor kedua adalah adanya sinergitas kebijakan dari institusi atau badan keuangan seperti Bank Indonesia, Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu contohnya adalah dikeluarkannya kebijakan pembahasan prosedur ekspor yang tidak diperlukan dalam rangka mendongkrak ekspor Indonesia.

Faktor ketiga adalah terjadinya pertumbuhan mekanisme pasar yang tidak bergantung pada pertukaran bunga dari satu mata uang ke mata uang lainnya (Swap).

Baca Juga  250 Ribu Inverstor Masuk, 2019 BEI Sebut 45 Eminten Bakal Melantai Bursa Saham

“Sekarang tidak hanya dari dalam negeri tapi juga investor asing sudah pakai DNDF (Domestic Non Delivery Forward),” ungkapnya.

Faktor keempat adalah kondisi ketahanan ekonomi ekstra Indonesia yang semakin baik.  Tentu menjadi harapa semua pihak agar posisi rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) semakin membaik.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here