Berlaku Pekan Depan, Ini Skema Tarif Bagasi Citilink

Advertisement

Berlaku Pekan Depan, Ini Skema Tarif Bagasi Citilink

Kamis, 31 Januari 2019

KabarUang.com, Jakarta - Citilink Indonesia sebagai salah satu maskapai berbiaya rendah (low cost/LCC), mengikuti maskapai Lion Air dan Wings Air yang lebih dahulu telah memberlakukan bagasi berbayar, pekan depan tepatnya 8 Januari 2018, Citilink juga mulai memberlakukan bagasi berbayar untuk semua rute penerbangan.

Benny Rustanto, Direktur Niaga Citilink Indonesia, menjelaskan bahwa masakapai Citilink akan memberikan dua opsi kepada pelanggannya terkait tarif bagasi. Opsi pertama adalah disediakan paket bagasi yang dapat dibeli oleh penumpang Citilink. Dengan menggunakan opsi paket ini, total biaya yang harus dikeluarkan oleh penumpang lebih terjangkau.

Skema paket bagasi yang dapat dipiih yaitu, paket 5 kg, 10 kg, 15 kg dan 20 kg. Dengan menggunakan opsi paket bagasi ini, Benny mengklaim bahwa penumpang akan memperoleh potongan harga hingga 40 persen.

Pemilihan paket bagasi ini harus dilakukan maksimal 4 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat. Pemilihan paket ini dapat dilakukan secara online. Selain online, pembelian paket juga dapat dilakukan di counter Citilink di bandara bersamaan dengan proses check in.

Kedua opsi tarif normal. Jika penumpang ingin menggunakan tarif normal, maka penumpang harus menyiapkan Rp 9.000 - Rp 35. 000 per kg (sesuai rute). Jika jarak tempuh rutenya 1 - 2 jam, maka tari bagasi per kg Rp 9.000.

Sebaiknya penumpang menghitung kembali total berat bagasi agar dapat menentukan opsi yang lebih hemat antara paket bagasi atau tarif normal. "Pembelian minimal 4 jam sebelum berangkat itu masih kategori harga hemat", unkap Benny, seperti dikutip dari iNews, dalam konferensi pers di Garuda Indonesia, Selasa (29/1).