Bank Mandiri Akuisisi Bank di 2019, Siapkan Rp 30 Triliun

Advertisement

Bank Mandiri Akuisisi Bank di 2019, Siapkan Rp 30 Triliun

Rabu, 30 Januari 2019
Ilustrasi Dirut Mandiri Kartika Akuisisi Bank Menengah via youtube.com

KabarUang.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk (Persero) (BMRI) akan melakukan akuisisi perusahaan perbankan di tahun ini (2019). Kategori perbankan yang menjadi target Bank Mandiri adalah perusahaan perbankan yang khusus mengelola bisnis kredit usaha kecil dan menengah.

Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri, mengungkapkan bahwa Bank Mandiri menyasar  perbankan dengan kapasitas modal menengah. Di Indonesia, kategori bank modal menengah adalah bank dengan modal Rp 1 - 5 triliun, Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II, dan bank dengan modal Rp 5 - 30 triliun, BUKU III.

Kartika menjelaskan bahwa perseroannya saat ini sedang menjajaki beberapa bank yang masuk kategori bank yang akan diakuisisi.

“Kami memiliki modal sekitar 20 persen lebih, jadi ada kelebihan modal sekitar 3-4 persen. Target kami kan 17 persen. Jadi ada tiga persen kira-kira sekitar Rp30 triliun. Kami modalnya memang besar. Rasio kecukupan modal inti (Capital Adequacy Ratio/CAR) Mandiri saat ini sebesar 20,96 persen,” kata Kartika Wirjoatmodjo, seperti dikutip dari idx channel, Jakarta, Rabu (30/1).

Saat ini banyak investor-investor asing yang gencar menanamkan investasi strategisnya di bank - bank dalam negeri. Hal ini menyebabkan valuasi perbankan di Indonesia yang cukup tinggi.

“Pembeli asing kan sekarang banyak yang berminat. Jadi saat ini kami masiih melihat valuasinya,” jelasnya.