Bandung Jadi Tuan Rumah Hari Konsumen Nasional 2019

0
Ilustrasi via Fokus Jabar com

KabarUang.com, Jakarta – Enggartiasto Lukita selaku Kementrian Perdagangan akan menggelar acara Hari Konsumen Nasional pada Maret 2019 mendatang. Acara ini rencananya akan digelar di Kota Bandung, Jawa Barat.

Enggar mengatakan pada hari peluncuran Hari Konsumen Nasional 2019 juga akan secara resmi diperkenalkan maskot yang akan menjadi icon dalam program pelaksanaan acara tersebut.

“Kita akan segera meluncurkan kegiatan Hari Konsumen Nasional, yang akan diselenggarakan di Bandung dengan logo dan maskot yang ada khas Jawa Baratnya juga. Jadi ada kearifan dan kekayaan lokal juga yang ditonjolkan,”ujar Enggar di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019).

Dalam acara ini Kemendag mengatakan akan membawakan tema perlindungan konsumen dan cara meningkatkan keberdayaan konsumen.

Baca Juga  Untung Sebesar USD5,42 Juta Berawal Dari Berlian

“Jadi ini soal bagaimana perlindungan konsumennya, dan bagaimana meningkatkan indeks keberdayaan konsumen,”ujar Edgar menambahkan.

Namun, tanggal dari acara ini sendiri, belum ditentukan. Pasalnya Kementrian Perdagangan itu masih menunggu kabar dari Presiden.

“Tanggalnya lagi kita sesuaikan, karena kita mengusahakan Bapak Presiden berkenan untuk hadir,”ujar Kemendag seperti dilansir dari vivabisnis.com.

Terpilihnya Kota Bandung sebagai tempat yang akan menjadi tuan rumah dalam acara Hari Konsumen Nasional, membuat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan yang diberikan Kemendag kepada Kota Bandung. Banyaknya consuming class membuat perlindungan konsumen harus ditingkatkan.

“Kita pahami bahwa consuming class itu per hari ini menurut catatan ada sekitar 50 jutaan yang sangat kuat daya belinya, dan naik dua kali lipat dalam waktu 11 tahun. Sehingga, hal itu menandakan kualiatas perlindungannya juga harus meningkat,”ujar Gubernur Jawa Barat yang karab disapa Kang Emil itu.

Baca Juga  Ini Dia, Tanggapan TKN soal Cukai Rokok

Pada cara itu juga, Kang Emil mengatakan akan ada acara peresmian sejumlah pasar yang telah direnovasi. Hal ini dilakukan sebagai bukti perwujudan komitmen yang kuat dari Pak Presiden Jokowi dalam memajukan pasar-pasar tradisional.

“Ini menandakan tempat-tempat perdagangan tidak hanya menengah ke atas yang maju, tapi juga masyarakat melalui pasar tradisional yang sangat didukung oleh Kementrian Perdagangan dan Presiden,”tambahnya.

Kota Bandung yang dipilih sebagai tuan rumah pada acara itu sejalan dengan pertumbuhan jumlah konsumen Kota Bandung yang signifikan di wilayah Jawa Barat. Karena, Ridwan Kamil sendiri meyakini bahwa Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang cukup tinggi perdagangan digitalnya dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya.

Baca Juga  Usai Debat Kedua Pilpres, IHSG Dibuka Menghijau

“Jawa Barat juga mewakili konsumen terbesar karena penduduknya 50 jiwa. Artinya, 20 persen Indonesia kira-kira, seperlimanya Indonesia itu ada di Jawa Barat,”ujarnya menambahkan.

“Perdagangan digitalnya juga paling tinggi kalau tidak salah ya, sehingga ini menandakan ada pergeseran dari belanja-belanja biasa ke belanja digital harus kita carikan formulasinya,”tutupnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here