Apa Tanggapan Asosiasi Maskapai Soal Mahalnya Tiket Pesawat?

0
Ilustrasi Tiket Pesawat Mahal via kroniktotabuan com
KabarUang.com, Jakarta –  Indonesia National Air Carrier atau disingkat dengan INACA atau Asosiasi Maskapai Dalam Negeri memberikan tanggapannya atas adanya isu yang tengah beredar mengenai mahalnya harga tiket pesawat. Dan saat ini banyak sekali masyarakat yang mengeluh soal mahalnya tiket pesawat di media sosial atau Medsos. 
Lalu berdasarkan info yang beredar, kini ada sejumlah warga yang telah sepakat menandatangani sebuah petisi untuk menurunkan harga tiket pesawat domestik melalui situs change.org. Lalu berdasarkan data telah dicatat bahwa hingga pagi ini telah hampir terkumpul sebanyak 35.000 tanda tangan. 
Tengku Burhanuddin selaku Sekretaris Jenderal INACA,  menyatakan range kisaran harga tiket pesawat yang  saat ini telah sesuai pada aturan terkait tarif batas atas tiket penerbangan yang diatur oleh Kementerian Perhubungan RI. 
“Harga tiket penerbangan tersebut, menyesuaikan dengan demand permintaan yang masih tinggi pada periode liburan Natal dan Tahun Baru 2019, khususnya ke sejumlah kota besar di Indonesia,” kata Tengku dikutip dalam siaran pers-nya, Jakarta, Jumat 11 Januari 2019 seperti dikutip dari viva.co.id

Baca Juga  Berikut Strategi PELINDO II Otomatisasi Pelabuhan di 2023

Ia juga menjelaskan, untuk maskapai yang menjual harga tiket juga sudah disesuaikan besarannya dengan peningkatan biaya pendukung seperti halnya biaya navigasi, biaya bandara, avtur hingga kurs dolar yang fluktuatif. Akan tetapi masih dalam batas yang ditentukan oleh Kementerian Perhubungan atau sesuai dengan aturan yang ada.

“INACA memproyeksikan periode peak season Natal dan Tahun Baru 2019 masih akan berlangsung hingga tanggal 14 Januari 2019 mendatang,” ujarnya seperti dikutip dari viva.co.id
 
INACA juga bisa memastikan bahwa maskapai yang tergabung dalam INACA mematuhi dan berkoordinasi secara intensif dengan Kementerian Perhubungan RI dalam memastikan kebijakan penetapan harga tiket pesawat yang tentunya,harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Kemudian untuk tarif batas atas dan batas bawah penumpang pelayanan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016.

Baca Juga  KRL Siap Menemani Malam Pergantian Tahun Dengan Beroperasi Hingga Pukul 02.00 Pagi

Selain itu, ada juga basic fare atau biaya dasar yang juga telah diatur oleh Kementerian Perhubungan, tiket harga penerbangan terdiri dari gabungan sejumlah komponen biaya yaitu ada asuransi, PPN, dan juga Passanger Service Charge atau disingkat dengan PSC yang juga jika digabungkan dan dihitung jumlahnya akan cukup besar.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here