Pasar Uang dan Pasar Modal Dalam Konteks Perekonomian Serta Manajemen Keuangan

0
Ilustrasi Pasar Uang dan Pasar Modal

KabarUang.com, Jakarta – Pasar uang dan pasar modal, keduanya merupakan tempat kita bisa melakukan investasi. Seperti kita ketahui, berinvestasi merupakan sesuatu yang bijak khususnya dalam hal pengelolaan keuangan kita.

Seseorang yang suka melakukan investasi biasanya akan memiliki masa depan yang lebih baik. Investasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik cara konvesional maupun melakukan investasi dengan cara modern, yaitu berinvestasi di pasar uang dan pasar modal.

Memang benar dua duanya merupakan tempat yang bisa kita jadikan untuk melakukan investasi. Namun demikian, keduanya memiliki sifat dan ciri yang berbeda. Para investor harus mengetahui masing-masing sifat dan ciri khas, baik untuk pasar uang maupun pasar modal syariah.

Pengertian Pasar Modal

Pasar modal bertindak selaku penghubung antara investor dan pemerintah lewat perdagangan keuangan jangka panjang seperti saham obligasi dan lainnya. Pasar modal biasanya berhubungan dengan kegiatan perdagangan dan penawaran efek sebuah perusahaan yang berkaitan dengan efek ataupun profesi dan lembaga yang ada kaitannya dengan efek.

Baca Juga  Mengenal Dari Profesi Penunjang Pasar Modal

Pasar modal dapat menjadi ladang subur bagi para investor lokal maupun internasional untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis yang digelutinya, terlebih bagi bisnis yang berhubungan dengan perdagangan ataupun penawaran efek.

Pengertian Pasar Uang

Pasar uang atau sering disebut dengan money market merupakan sarana atau cara di lembaga manajemen keuangan, atau bisa juga perusahaan non-keuangan serta para peserta yang lainnya untuk memenuhi kebutuhan keuangan jangka pendek maupun cara untuk penempatan dana yang tepat ketika kelebihan likuiditas terjadi.

Pasar uang biasanya digunakan oleh penguasa moneter untuk mengendalikan moneter ketika sedang melakukan operasi pasar terbuka.

Penjelasan lebih lanjut mengenai pasar modal maupun pasar uang bisa anda dapatkan melalui berbagai makalah ilmiah hingga non-ilmiah. Dengan demikian, bekal anda sebelum menjadi investor akan semakin matang sehingga bisnis bisa dilakukan dengan lancar hingga mendatangkan banyak keuntungan.

Baca Juga  Perang Dagang Makin Tegang, Ini Jurus Sri Mulyani

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

Meski pasar modal dan pasar uang merupakan tempat ideal bagi para investor untuk berinvestasi, tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan yang bisa anda pertimbangkan dalam berbisnis sebagai investor. Perbedaan tersebut di antaranya sebagai berikut:

  1. Surat berharga yang diperjualbelikan dalam pasar modal biasanya dalam jangka panjang sedangkan pada pasar uang yang diperjualbelikan adalah jangka pendek.
  2. Tempat transaksi pasar modal di bursa efek sedangkan pasar modal terjadi antar-bank
  3. Pasar modal memiliki risiko lebih tinggi tetapi juga memiliki return yang tinggi, sedangkan untuk pasar uang risikonya rendah, tetapi returnnya juga rendah.

Di dalam perekonomian, kita harus tahu jenis investasi yang akan kita ambil. Kita juga harus memahami segala resiko yang mungkin ditimbulkan dari investasi yang kita lakukan. Bila anda seseorang yang berani berspekulasi, maka anda cocok dengan jenis investasi dengan resiko tinggi dengan return yang tinggi.

Baca Juga  Iuran BPJS Kini Mulai Naik, Peserta Mandiri Ternyata Penyebab Terbesar Defisit

Sebaiknya, bila anda ingin hidup tenang tak banyak gejolak, anda bisa mengambil investasi dengan resiko rendah tetapi returnnya juga rendah.

Bagi anda yang memiliki sedikit kelebihan uang, anda bisa mulai melakukan investasi mulai dari sekarang. Dengan melakukan investasi sejak dini, anda akan banyak mendapatkan keuntungan. Investasi bisa dilakukan di pasar uang dan pasar modal seperti yang sudah didiskusikan di atas.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here