Jokowi Resmikan Tol Bocimi Bogor-Sukabumi Setelah Penantian Panjang

0
 Ilustrasi via Sabar com                               

KabarUang.com, Jakarta – Setelah bergonta-ganti investor sehingga mengalami waktu molor selama 21 tahun, akhirnya Tol Bocimi diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Tol Bocimi atau Bogor-Ciawi-Sukabumi dapat memangkas waktu tempuh dari Ciawi ke Cigombong, waktu tempuhnya menjadi 15 menit yang semula harusnya 1,5 jam.

Tak canggung-canggung, Joko Widodo membuka sambutannya pada hari peresmian Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi yang diberi nama Tol Bocimi dan digelar pada Sabtu (01/12/2018), beliau mengungkapkan bahwa proyek ini mengalami keterlambatan dalam masa penyelesaiannya.

Seperti yang dikutip dari tribunnews.com beliau mengatakan “Saya enggak tahu kenapa harus memakan selama 21 tahun untuk memulai ini,”ujarnya saat memberikan sambutan.

Selanjutnya, Jokowi juga mengungkapkan beberapa alasan yang menjadi penghambat dalam proses pengerjaan proyek ini. hal itu beliau ungkapkan terhadap seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara peresmian Tol Bocimi.

Baca Juga  Sri Mulyani Disebut Sebagai Menteri Pencetak Utang

Beliau mengatakan “Penetapan Tol Bocimi sudah ditetapkan tahun 1997, sudah ganti investor enggak tahu sudah berapa kali, artinya sudah 21 tahun, pada tahun 2015 kita negosiasi diambil alih dengan negosiasi yang alot, awal 2016 betul-betul di lapangankonstruksi pembebasan lahan bisa dilakukan awal 2016,”tambahnya.

Salah satu alasan proyek ini mengalami keterlambatan ialah seringnya berganti-ganti investor seperti Konsorsoum Bukaka Teknik Utama, Bakrie Group, MNC Group, dan pada akhirnya investor yang mau membantu proyek ini ialah PT Waskita Karya (Persero) Tbk, melaui anak usahanya, Waskita Toll Road.

Selain itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono mengatakan bahwa Tol Bocimi ini bisa mengefektifkan waktu bagi penumpang yang ingin pergi ke kawasan Ciawi hingga Cigombong. Waktu yang ditempuh pun hanya butuh 15 menit saja.

Seperti yang beliau katakan “Saya kira banyak sekali ya walaupun ini hanya 15 kilometer dari Ciawi ke Cigombong tapi itu tempat macetnya selama ini. kalau enggak lewat tol itu 1,5 jam dari Ciawi ke Cigombong, kalau lewat tol ini 15 menit jadi sangat cepat, ungkapnya saat peresmian Tol Bucimi Seksi I di Pintu Tol Cigombang I, Bogor.

Baca Juga  Kemenkeu dan ITS Dorong Kaum Muda Berinvestasi

Dirinya juga mengatakan bahwa Tol Bocimi ini bisa mengatasi kemacetan yang terjadi di jalur Tol Utara, yaitu di Tol Cipali. Seperti yang beliau katakan kepada antaranews.com “Kita harus segera membuat supaya nggak terlambat lagi kalau engga kita akan seperti Cipali, ini hanya berapa tol sudah penuh sekarang kalau kita nggak segera bikin yang Selatan menurut analisa kami tol yang Utara pun akan segera cepat macet. Orang konsentrasinya pada jalur Utara semua jadi nanti ini prioritas bagian Selatan,”ujarnya.

Kabarnya setelah Tol Bocimi diresmikan, selama satu minggu kedepan Tol Bocini akan digratiskan. Hal itu diungkapkan langsung oleh Basuki. Beliau mengatakan “Setelah diresmikan hari ini sudah akan dibuka langsung seminggu gratis,”ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga  Ekonomi Indonesia Semakin Kuat Kata Menperin

Selama digratiskan, Basuki mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi peraturan tentang tarif yang akan diteken, yaitu Rp 1.000 per km. Beliau mengatakan kepada nataranews.com “Kira-kira Rp 1.000 per kilometer, di sini pasti tapi belum dikenakan sekarang, setelah seminggu dipakai baru kena tarif,”ujarnya.

Beliau juga menegaskan bahwa Tol Bucimi sudah siap dipakai, dna akan beroperasi secara normal, bukan lagi fungsional. Rencannaya Tol ini segara diresmikan guna mengatasi kemacetan di liburan Natal dan Tahun Baru.

“Natalan sudah bisa dipakai, makanya kita siapkan untuk dipakai mudik Natal dan Tahun Baru,”jelasnya.”

Proyek Tol Bocimi ini dibuat dengan ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer dari total keseluruhan jalan tol Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 kilometer.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here